menuju universitas: Jurusan Favorit

apa ya jurusan favorit sekarang ini???

pertanyaan itu sering menjadi pikiran dan momok bagi siswa SMA yang akan lulus, yaittu siswa kelas 12. siswa SMA yang tentunya seorang remaja yang katanya sedang mencari jati diri ini, tentunya juga pusing tujuh keliling mencari jurusan favorit. selain berdasarkan minat jurusan bagi siswa, juga untuk mengetahui apakah jurusan itu merupakan jurusanfavorit. karena jika jurusan yang dipilih merupakan jursan favorit, aka akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang tentunya favorit juga atau yang gajinya GEDE…
hehehe..

tak dipungkiri bahwa, dengan kita memasuki jurusan favorit tersebut, pekerjaan kita nantinya bisa dikatakan terjamin. ini beberapa daftar jurusan favorit:

>>>KEDOKTERAN

siapa sih, yang gak tau jurusan kedokteran. dari anak kecil ampe orang tua juga tau. banyak orang-orang menginkan menjadi dokter. alasannya, pertama karena kekaguman di masa kecil. yang mana kita waktu kecil itu kan kalo liat dokter bakalan takjub dan menganggap dokter itu keren!! “dokter itu hebat!! dokter itu baik ya, bisa nyembuhin aku, papa, mama, nenek, dan kakek.. kalo aku besar nanti maunya jadi dokterrrrr”
begitulah sedikit cuplikan tentang kekaguman kita pada sosok seorang DOKTER.

kedua, jadi dokter itu gajinya besar. sekali ngobat orang aja (misal) dapat Rp100.000, gimana kalo sehari pasiennya ada 10. terus dikali sebulan terus dikali setahun… hitung sendiri yah. banyak kan….
ketiga, dokter itu adalah pekerjaaan mulia. bukankah menjadi dokter hukumnya fardhu kifayah???? apabila telah dilakukan oleh satu orang maka pahala nya juga didapat bersama dalam suatu kelompok. jadi, dalam bekerjapun kita selain dapat gaji, juga insay Allah dapat pahala lhooooo…..

seperti kutipan dibawah ini

salah satu orang yang beruntung mendapatkan pekerjaan sesuai bidang yang dipelajari semasa kuliah adalah Shane Tysinger yang saat ini bekerja di klinik Eden NC yang fokus pada pengobatan keluarga. Tysinger memiliki minat yang kuat pada bidang kedokteran. Sebelum bekerja di tempat yang sekarang, Tysinger sebelumnya mengajar di Sekolah Menengah Atas Davidson County, New York. Di sekolah itu dia juga mengajar perawatan kesehatan. Dia juga pernah memegang beberapa pekerjaan asisten medis sebelum menjadi guru.

Di sekolah dia selalu menjadi responden pertama untuk semua jenis darurat medis. Tetapi, Tysinger tidak puas hanya menjadi guru. Untuk itu, dia memilih program master asisten dokter selama dua tahun di Duke University pada 2006. Pilihan Tysinger rupanya tidak salah. Ketika lulus pada 2008 saat dunia sedang menghadapi resesi keuangan, tawaran menjadi asisten dokter justru tidak surut. Ditelisik dari penghasilan, profesi Tysinger saat ini lebih tinggi tiga kali lipat dari profesi guru yang sebelumnya dia geluti. ”Saya telah menemukan karier, dan saya akan terus menekuninya,” kata Tysinger seperti dikutip Forbes. Karena itu, di AS saat ini banyak yang mengikuti jejak Tysinger, kuliah strata dua (S-2) di jurusan asisten dokter. Saat ini dunia kesehatan Negeri Paman Sam membutuhkan banyak asisten dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Karena itu, tidak heran jika pekerjaan ini memberikan prospek yang bagus dan menawarkan gaji yang besar. Wajar jika majalah Forbes menempatkan program asisten dokter menjadi jurusan favorit dalam penyaluran kerja. Pemeringkatan yang dilakukan Forbes dilakukan berdasarkan peluang terbaik, tawaran gaji pada dekade berikutnya. Jurusan favorit lainnya adalah ilmu komputer. Jurusan ini diperkirakan akan mengalami peningkatan permintaan sebesar 27 persen dengan gaji yang ditawarkan rata-rata USD111.000 per tahun. Di peringkat ketiga ada jurusan teknik sipil yang akan mengalami pertumbuhan sebesar 24 persen dan gaji rata-rata sebesar USD98.700 per tahun. Peringkat keempat adalah lulusan jurusan matematika. Para lulusan ini dijanjikan akan mendapatkan pertumbuhan permintaan sebesar 22 persen dengan gaji rata-rata sebesar USD96.900 per tahun.

>>>HUBUNGAN INTERNASIONAL

sekarang ini, hubungan internasional menjadi jurusan yang ternyata juga memiliki banyak peminat.. mengapa jurusan hubnganinternasional?
karena banyak siswa yang ingin menjadi diplomat. pekerjaan seorang diplomat ini, membuat kita dapat keliling dunia. karena pekerajaan ini merupakn pekerjaan sebagai perwakilan negara untuk negara lain sebagai bentuk persahabatan antar negara, juga melaporkan bagaimana situasi negara penempatan tersebut.
sebenarnya, jurusan hubungan internasional tidak hanya menjadi seorang diplomat. ada banyak pekerjaan pun yang ada. tapi juga ada banyak pesaing yang menanti. bagaimana?

>>TEKNIK INFORMATIKA

Teknik informatika menjaddi jurusan favorit selanjutnya . jurusan ini memiliki passing grade yang tinggi. cukup susah ntuk menembusnya. tapi asalkan ada usaha pasti ada jalan…

ada beberapa syarat lho…
* Mahasiswa yang tertarik menjadi ahli di bidang Informatika harus terlebih dahulu menguasai ilmu dasar (core knowledge) informatika.
* Selanjutnya, mahasiswa harus memahami core knowledge, di sini Teknik Informatika akan banyak membahas teori dasar komputasi yang dibutuhkan.
* Selanjutnya sesuai visi, misi, tujuan, dan kekuatan program studi, akan dikembangkan ilmu yang berorientasi pada penciptaan entitas yang siap terap bagi kehidupan manusia. Dalam hal ini ilmu yang dikembangkan oleh program studi, di antaranya : sistem grafik komputer dan multimedia, konsep dan teknik penggalian data (data mining), rekayasa perangkat.

nah, itulah beberapa jurusan favorit menurut penulis… berminat? jangan lupa U.S.A.H.A. dan I.K.H.T.I.A.R. ya…..
penulis pun juga begitu….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s