Masyarakat Peduli Global Warming Gak Sih?

Pasti masyarakat di Indonesia bahkan di dunia udah sering banget denger kata “Global Warming” ya kan?

Nah untuk ngingetin aja, apa sih itu Global Warming? Global warming atau pemanasan global adalah kenaikan suhu rata-rata bumi setiap tahunnya. Tau gak kalo tiap tahunnya diperkirakan suhu bumi itu naik 1oC. Kebayangkan kan seberapa tinggi suhu bumi 10 tahun ke depan? 15? 20? Bahkan mungkin 100 tahun ke depan?

Pemerintah Indonesia dan pemerintah dunia udah sering bekerja sama dalam menanggulangi masalah global ini, salah satunya adalah konferensi dunia yang dilaksanakan di Bali beberapa waktu yang lalu. Para pemimpin dari berbagai negara, sudah merumuskan beberapa hal penting yang akan diterapkan di negaranya, dalam menanggulangi hal ini, di antaranya pengurangan pemakaian CFC, menciptakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, dan masih banyak lagi.

Tapi, apakah kita sebagai bagian dari masyarakat dunia sudah menerapkan hal-hal yang “sederhana” dalam membantu dunia menjaga “habitat” manusia itu sendiri? Masih banyak orang yang masih aja buang sampah sembarangan, pabrik-pabrik yang mengeluarkan limbahnya (baik udara maupun air), mobil-mobil yang makin hari makin banyak aja, illegal logging, dan sebenernya masih banyak contoh yang lain.

Apa susah buat kita untuk menjaga bumi kita dari kehancuran yang mungkin kita sadari atau tidak akibat dari ulah para “penghuni” bumi itu sendiri? Mungkin kita sudah merasakan akibat dari perbuatan kita sendiri. Lapisan Ozone dari tahun ke tahun makin menipis bahkan bolong, sehingga memudahkan sinar UV masuk ke bumi. Padahal sinar UV yang berlebihan juga bakal menyebabkan penyakit yang cukup berbahaya, contohnya Kanker Kulit. Wah serem.

Salah satu contoh akibat dari Pemanasan Global yang sering kita rasakan di Indonesia adalah perubahan cuaca yang cepet banget, kadang ujan, kadang terang banget. Banjir di mana-mana, petani gak bisa memanen hasil pertaniannya karena kekeringan, atau bahkan lahannya kebanjiran. Akibat dari Pemanasan Global yang kita rasakan sekarang pasti akan terus menerus berlangsung di masa yang akan datang jika kita masih gak menyadari perbuatan kita itu.

Tau gak sih kalo kurang lebih 3000 pulau di Indonesia sudah hampir tenggelam bahkan sudah tenggelam loh! Gimana nasib anak, cucu, dan cicit kita nanti? Oh iya, diperkirakan penduduk sebuah negara akan kehilangan tempat tinggal nya, bahkan kota New York, Amerika akan tenggelam 10-15 tahun mendatang! Gimana dengan nasib Indonesia sendiri? Masa anak cucu dan cicit kita nanti berenang? Apa tinggal di bawah laut bareng Spongebob? Gimana? Masih mau merusak bumi kita? Yang udah tua, rapuh, eh malah kita tambah rusakin, ckck. Gimana makhluk hidup yang lain? Gimana nasib manusia itu sendiri?

Kita kan penerus bangsa, jadi banyak hal sederhana yang sebenernya kita bisa lakukan, yaitu penghematan dalam pemakaian CFC (khususnya buat cewek yang suka pake Hair-Spray), dan kita bisa melakukan 4R (Reduce, Reuse,Replant,Recycle) dari 4R tersebut, hal yang paling mudah kita lakukan adalah Reuse, Recycle, Reduce, Replant.

Reuse adalah pemakaian kembali barang bekas sedangkan Reduce adalah pengurangan dalam pemakaian barang-barang non-organik atau organik, contoh nya pengurangan pemakaian Listrik, Plastik sampah, dll. Recycle adalah menggunakan kembali barang-barang bekas menjadi PRODUK BARU, contoh nya botol jadi vas bunga, siapa tau itu bisa jadi modal usaha kita karna kreativitas-an kita terasah.

Tuh, gampang kan sebenernya? Replant juga sebenernya patut dilakukan loh, mengingat banyak hutan yang udah ditebangi jadinya gundul. Dengan menanam 1 pohon saja, kita bisa menyumbangkan oksigen ke dunia loh! Bangga kan? Asal pohon-nya dirawat ya! Ayo Semuanya jaga bumi kita yang udah tua ini ya, biar makhluk hidup di dunia ini bisa tetap hidup! Masih sayang sama bumi kan?

Then, Change Our behave to take-care of the our world! Remember, Earth Needs Us, Either do we!

source: http://www.wikimu.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s