Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

kemarin saya ikutan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang diadain anak SASTRASIA di kampus. awalnya saya yang lagi jalan-jalan sekitar kampus liat  spanduk tentang acara ini. ditulisnya tentang tes bahasa indonesia kamu. kalo di tes dan di hitung dengan standar yang ada, nila berbahasa indonesia kamu berapa sih?

jangan TOEFL , TOEIC atau IELTS aja  yang di kejar-kejar nilainya. tapi bahasa sendir gak tau berapaan nilainya. saya sendiri awalnya juga mikir, manfaatnya apa buat saya kalo ikutan tes ini. tapi kalo dipikir-pikir gak ada salahnya lah, ikutan sekalian tau nilai Bahasa Indonesia saya berapaan. apalagi tertulis GRATISSS..

hoho..
Why not???

kali aja kalo nilai saya lumayan akan mempermudahkan saya nanti cari pekerjaan yang layak. jadi dosen Bahasa Indonesia maybe.

langsung aja, kemarin saya ikutan. ternyata kebanyakan yang ikutanitu anak Bahasa Indonesia..
pastinya yaa…
tes ini tuh lebih mirip dengan IELTS. ada yang sudah pernah ikutan tes IELTS?? saya lumayan semrawut setelah ikutan.. ternyata hasilnya lumayan buat saya bergembira..hoho

jadi, tesnya itu ada 5 seksi.

seksi 1 : mendengarkan
sama kayak listening. ada 45 soal yang di jawab selama 25 menit.  kasetnya cuman di perdengarkan 1 kali. jangan anggap remeh. tes ini lumayan bikin puyeng. saya yang sedikit bermasalah dengan konsentrasi dan pendengaran cukup kewalahan dalam menjawab soal-soalnya.

kenapa di ujian nasional gak ada ujian mendengar ya??

seksi 2 : merespon kaidah

nanti bakalan ada kalimat atau kata yang di cetak tebal. trus pilih deh di antara pilihan ganda, manakah yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia

seksi 3 : membaca

disini bakalan ada beberapa paragraf, lalu kita mencari jawaban yang ditanyakan berdasarkan wacana yang ada. mirip yang di ujian Nasional

seksi 4 : menulis

saya gak ikutan yang seksi 4 dan 5 . jadi menurut saya kayaknya kita bakalan dikasih kasus lalu kita buat essay atau tulisan kayak gitu. kayak tes IELTS. kan IELTS kayak gitu

seksi 5 : berbicara

kayak tes IELTS juga mungkin, kita kan ditanya something what they want, lalu kita jawab. apakah jawaban kita sesuai kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar. mungkin gitu penilaiannya

so,, di HARI SUMPAH PEMUDA ini, tunjukkan dong KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Advertisements

13 thoughts on “Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

  1. Wah ada juga ya test bahasa Indonesia? BTW berapa nilainya koq ndak disebutkan?

    NB : Tanya serius, TOEIC atau IELTS itu kepanjangannya apa? Serius belum pernah dengar. hanya TOEFL aja yang tau.

  2. @arqufiq TOEIC singkatan dari test of english for international communication
    IELTS = international english language system

    bedanya jenis tesnya doank. tapi tetep di pake secara global kok

    @rusydi nilainya belom keluar 2 minggu lagi. kan kemaren baru tesnya..
    km dimana..iya adain aja.menarik loo :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s