Gadis Kecil Pekerja

Apa yang terlintas dipikiranmu saat melihat foto ini?

 Foto ini saya ambil saat lagi di angkot caheum-ledeng . Foto ini bertempat di sekitar Dago. Saya masih belum hafal wilayah sekitaran Bandung).

Dalam foto terlihat dua anak kecil usia 4-6 tahun. Sepantaran anak TK. Saat pertama kali saya melihat, saya terkejut. ya, ini bukanlah hal yang biasa saya lihat. Di kota kecil saya, Kota Pariaman, saya belum pernah   melihat anak kecil kerjanya meminta-minta.

Kejadiannya, saat ada penumpang yang turun di sini, langsung disamperin sama gadis kecil ini. Belum juga dibayar, sudah “ditodong” mereka dengan lagu-lagu yang lagi hits di tanah permusikan Indonesia. Kalau belum dikasih uang , mereka akan ngejar2 samapi dapet.

Seusia mereka, saya masih bermain dengan teman-teman, ke sungai cari ikan sambil mandi, main petak umpet, main kelereng, dan lainnya. Gak pernah terlintas untuk memikirkan darimana dan bagaimana mendapatkan sesuap nasi untuk hari ini.

Bagaimana dengan sahabat?

17 thoughts on “Gadis Kecil Pekerja

  1. Saya juga sering melihat hal itu untuk sekarang, apalagi setelah merantau ini. Seperti postingan yang pernah saya buat. Memang kalo kota metropolitan kehidupan sosialnya begitu, tidak tahu siapa yang harus disalahkan. Miris!

  2. Ah… di Makassar juga sudah banyak anak-anak kecil seperti itu 😦
    Dilema juga lihatnya, mau ngasi uang nanti mereka keterusan minta-minta, gak kasi juga kasihan. Biasanya saya siasati dengan memberikan roti 🙂
    Kasihan ya mereka, masih sekecil itu sudah harus merasakan kejamnya dunia 😦

Leave a Reply

