10 Reasons Why we must write

Writing, Menulis.
mengapa saya  sampai sekarang menulis di blog, baik sekedar basa basi , curhatan, atau berkelas dikit, nulis artikel. seperti kebanyakan alasan orang , saya ingin mengabadikan catatan saya 🙂

“karena tulisan adalah awal dari peradaban”

dan malam ini saya menemukan catatan setahun lalu saat saya mengikuti ILC LEPPIM UPI. pematerian tentang menulis. disini semua peserta diminta untuk mengmukakan alasan mereka menulis, dan ini beberapa yang saya catat :

1. Mencurahkan isi hati dan kepala

hal yang paling gampang untuk ditulis kan apa yang ada dalam benak dan bagaimana susana hati. makanya kebanyakan isi diary tuh yang sedih daripada yang seneng. karena saat sedih kita membutuhkan ‘seomeone’ or ‘something’ untuk jadi pelampiasan. dan tak jarang buku dan pulpen yang jadi teman akrab 🙂


2. Menjadi Penulis

yak, yang suka nulis biasanya juga terinspirasi dari buku kesukaan dan tentunya sang penulis yang telah menulis cerita tersebut. dan jadilah kita ingin menjadi atau sehebat sang penulis idola kita tersebut.
kalau saya sendiri, dari dulu tuh suka banget sama tulisan bunda Asma Nadia dan Bunda Helvy Tiana Rosa. Mereka berdua menjadi penulis favorit saya karena, tulisan mereka “anak muda” banget dan islami tapi tidak menggurui. Bahkan saya dulu  jadi pengen mendalami islam sendiri gara-gara membaca karya 2 saudara ini 🙂


3.  Berbagi Pengalaman dengan Pembaca

mungkin ini yang sedang saya lakukan melalui Blog. yak ,pengen berbagi sama para blogger. dari pengalaman saya kali aja ada yang bisa di ambil manfaatnya. 🙂

4. Menghasilkan karya yang bermanfaat

Pastinya dong kita pengen karya kita tuh bermanfaat dan disukai orang-orang. Bukankah sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat ?

5. Kepuasan Batin

yakin deh, kalo udah selesai nulis. baik artikel atau curhatan, rasanya tuh bakal lega banget. lega dan puas udah selesai ngeluarin uneg-uneg dan menelurkan ide’ide brilian dalam bentuk tulisan.

6.  Corgito Ergo Sum

“aku berpikir maka aku ada”  kata dari Rene Descartes ini mungkin sudah sering kita dengar. aku berpikir maka aku ada, karenanya aku menulis. karena aku berpikir. simplenya, dalam eksistensi keberadaan kita, maka kita menggunakan tulisan sebagai bentuk keberadaan itu. dan “aku bepikir” , karena manusia dilahirkan dengan otak serta akal pikiran, maka dengan tulisanlah kita menuangkan segala benak dalam pikiran kita


7. Mengikat ilmu dengan tulisan (Ali bin Abi Thalib)

Bahkan beratus tahun dahulu, Khulafur Rasyidin Ali bin Abi Thalib r.a. pun menyatakan pentingnya menulis yaitu agar dapat mengabadikan ilmu-ilmu agar nantinya dapat diwariskan pada generasi selanjutnya. serta tidak punah nantinya.


8. Aktualisasi Diri

kalo kamu udah menulis dari bangku SD sampai sekarang, kamu bisa melihat bagaimana perkembangan tulisan kamu. kalo kamu tertawa memebaca tulisan kamu dulu, berarti kamu sudah berkembang. kalo kamu bangga dan merasa tulisan kamu dulu sangat bagus, berarti kamu mengalami kemunduran.

9. Suatu Kebutuhan

sama seperti membaca. membaca adala kebutuhan, membuka cakrawala serta wawasan kita. begitupun menulis adlah suatu kebutuhan untuk meninggalkan jejakmu dalam bentuk tulisan dan wujud eksistensi diri..hehe.. 😀

10.  Kritik

merupakan kritik ketika tulisan kamu belum bisa dikatakan baik untuk dibaca. dengannya kita bisa belajar lebih banyak lagi untuk bisa lebih baik.

kalau kamu, apa alasanmu menulis? kalau gak suka menulis, harus dicoba, minimal keseharian kamu deh!!
Start Now!!

🙂

salam
@ikrimmah

2 thoughts on “10 Reasons Why we must write

  1. duluuuuu……kakak seperti itu,,,masa2 skul tak terhitung banyak diary yang telah tertoreh tinta,,,begitu banyak cerita yang mengalir,,,tanpa beban, PLOONg banget deh,,,,,tp sekarang,, ckckckckck????? duh malesss nya nulis,,,,, smua cm tersimpan di memory kepala yg tak meninggalkan monumen tuk di kenANG…..

Leave a Reply

