Are you ready for the last exam?

Are you ready for UAS?

yak, minggu ini sudah memasuki pekan UAS di UPI. bagi anak-anak UPI, biasanya sebelum UAS ada pekan sunyi. Nah, untuk semester sekarang pekan sunyi berlangsung selama 2 minggu. Wow, lama juga daripada liburan semester ganjil :O

Kalo dipikir-pikir, pekan sunyi itu ada posotif dan negatifnya. Negatifnya, karena kelamaan pekan sunyi, mahasiswa malah gak belajar. Bisa jadi karena udah jenuh dengan rutinitas yang ada kampus selama satu semester. Jadi kalo udah pekan sunyi seperti liburan dan tidur yang panjang. Yang namanya liburan dan tidur panjang, jadinya ga belajar deh. Tapi ya tergantung mahasiswa itu sendiri. Tipe Rajin, tipe pembelajar satu malam, atau tipe pemales dan ga ada niat buat belajar.

Kalo saya sendiri termasuk tipe SKS atau belajar satu malam. Walau awal pekan sunyi udah niatin belajar buat seminggu rutin< Kenyataannya emang aga seperti planning yang udah tertata begitu apiknya. Hmm..disinilah diperlukan reward and punishment. Bhasa arabnya, Tarhib wa Targhib. artinya sama aja. Kadang emang diperlukan ketegasan buat diri sendiri. Bukan bikin peraturan sendiri dan melanggar sendiri. well, that’s not the type of Great student and great human.

lanjut ke sisi positifnya, selama 2 pekan itu kita bisa belajar sungguh-sungguh. bagi yang masih belum memahami pelajaran mata kuliah, nah di waktu pekan sunyi ini lah dimanfaatkan. Tapi yakin pada memanfaatkan sesuai aturannya? hehe 😀

nah, semua tergantung pada diri sendiri dan kembali pada tujuan belajar dan tujuan kuliah saat pertama kali menginjakkan kaki di universitas pendidikan Indonesia ini.

Semoga ujian lancar dengan cara yang halal ya. No cheating dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

ich wuensche, meine pruefung hat gute Noten. aamiin