“Sujud syukur, nak”

Pagi itu, pagi sabtu.  Pagi yang menjadi rutinitasku untuk berangkat pukul 6 pagi menuju rumah guru tahfidz ku. Hari ini adalah hari syukuran karena kelompok kami sudah menyelesaikan hafalan surat At Thalaq. Sudah menjadi kebiasaan kami untuk merayakan syukur ini dengan makan bersama.

Sebelum berangkat saya ke atm dulu, yang berada tepat di depan masjid Daarut Tauhid. Biasa, akhir minggu uang jajan saya suka abis sendiri. Makanya saya biasa ambik duit di akhir minggu. Setelah mengambil duit yang saya butuhkan, saya iseng ke atm sebelah karena masih sepi dan tidak mengantri. Atm yang berbeda karena saya punya rekening  khusus untuk bayar SPP kuliah.
Dan ketika saya cek saldo, alhamdulillah, sudah tertera angka lebih dari jumlah uang SPP saya. Sontak saya telpon papa saya, karena beliau pernah bilang kalo akan mengirim uang SPP dalam waktu dekat.
Ketika saya menanyakan, ternyata beliau bingung karena beliau baru akan mengirim uang pada hari seninnya.
Lalu saya menyeletuk: ” kayaknya uang beasiswa iim  deh pa. Tapi kok tumbem cepet ya masuknya? ”
Papa pun senang dengan berita yang saya sampaikan. “Alhamdulillah, bagus itu nak. Jadi papa tidak perlu mengirim uang SPP lagi kan? ” tanya papa
“Iya pa” jawab saya. Hati saya pun ikut senang karena dari suara papa seperti senang dan ada beban yang terlepas.
“Alah sujud syukur,  im nak?  Jan lupo sujud syukur ka Allah yo.” Balas papa.
Saya pun tersadar. Alhamdulillah ya Allah telah mengingatkan saya melalui papa untuk selalu bersyukur padamu. Papa memang seringkali mengingatkan saya untuk sujud syukur di setiap nikmat yang diberikan Allah.

Alhamdulillah,. Terkadang kita lupa untuk bersyukur karena terjebak dalam rasa senang dan euforianya.

Semoga kita selalu menjadi hamba yang ingat kepada Allah, tidak hanya dalam sholat dan doa. Tapi dalam setiap kegiatan dan kebaikan yang dilakukan.

Aamiin

Ikrimmah

Leave a Reply

