Ramadhan

IMG-20140106-WA0008 Puasa sebentar lagi lhoo.. Are you ready??

Advertisements

Menulis itu Candu

Coba paksakan dirimu untuk menulis satu kata, kemudian satu kalimat, kemudian satu paragraf, kemudian satu cerita dan jadilah satu buku.

Kata Dosen Linguistik saya, menulis itu gampang, “terdiri dari kumpulan huruf, lalu kumpulan kata-kata, lalu kumpulan kalimat, kumpulan paragraf, kumpulan bab-bab dan jadilah Satu Buah Skripsi. Hehe”

Walau hanya joke, tapi memang se-simple itu yang namanya menulis. Saya pun memulai menulis dari yang sederhana dan yang paling dekat dengan kehidupan saya, yaitu menulis pengalaman saya. Dan emang terbukti saya lebih lancar dalam menuliskannya. Bahkan menjadi candu. Karena sifat saya yang suka lupa, bagi saya penting untuk mengabadikan hal-hal yang menarik bagi saya dalam bentuk tulisan.

 

Jadi, yuk menulis 🙂

 

Salam

Maizana

April is about My Lovely Papa

What’s on April?

Ada banyak cerita di bulan April ini sampai-sampai saya bingung akan memulai cerita darimana dulu. Banyak cerita yang menguap karena saya lupa untuk menulisnya, lupa untuk mngingatnya bahkan. ya, saya memang tipikal orang yang mudah melupakan sesuatu. termasuk pelajaran. #eh 😀

Sesua dengan judulnya saya mau ngereview apa yang terjadi dengan papa dan bulan April

Der Papa

Der Papa oder Der Vater, bahasa Jermannya a.k.a Father. Dan panggilan sayang saya adalah Papa. Pada bulan April ini papa ulang tahun ke 57 tahun. Barakallah Papa..Papa ulang tahun tepat pada tanggal 1 April. Bukan berarti April mop lu guys. Betapa saya merindukan Papa dan orang-orang rumah. Papa,Ibu,Mama, adik-adik, abang, kakak, mbak, taci, ayang dan semuanya. Rasa kangen itu menjadikan cinta saya yang besar kepada mereka. 

 

saya teringat lirik lagu Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) Adaband feat Gita Gutawa

Teringat masa kecilku

Kau peluk dan kau manja

Indahnya saat itu

Buatku melambung

Disisimu terngiang

Hangat nafas segar harum tubuhmu

Kau tuturkan segala mimpi-mimpi

Serta harapanmu
Kau ingin ku menjadi

Yang terbaik bagimu

Patuhi perintahmu

Jauhkan godaan

Yang mungkin kulakukan

Dalam waktuku beranjak dewasa

Jangan sampai membuatku

Terbelenggu jatuh dan terinjak
Tuhan tolonglah sampaikan

Sejuta sayangku untuknya

Ku terus berjanji

Tak kan khianati pintanya

Ayah dengarlah betapa sesungguhnya

Ku mencintaim

uKan ku buktikan ku mampu penuhi maumu
Andaikan detik itu

Kan bergulir kembali

Kurindukan suasana

Basuh jiwaku

Membahagiakan aku

Yang haus akan kasih dan sayangmu

Tuk wujudkan segala sesuatu

Yang pernah terlewati

 

Image

Papa adalah sosok yang mengajarkan saya untuk optimis dalam hidup, mandiri di rantau, jangan mudah menyerah dan putus asa, papa yang suka bercanda menjadikan saya dekat dengan papa. Papa yang tidak pernah memandang rendah atau meremehkan saya ketika saya down, bahkan terkadang saya suka curhat colongan ke Papa. Papa yang tiap pagi membangunkan anak gadisnya, hanya sekedar menanyakan “sudah bangunkah?, sudah sholat subuhkah? sudah makankah?” dan “Jaga kesehatan, ya Nak” Tutup Papa. Sudah menjadi kebiasaan Papa untuk tidak pernah absen menanyakan hal tersebut. Dan saya merasakan nikmat Allah yang tak bisa tergantikan dengan perhatian Papa yang besar pada saya. Saya bilang saya beruntung mendapat perhatian ini. Sangat beruntung malahan. Saya selalu tersenyum bahagia setiap habis di telepon Papa. Karena saya merasa tidak sendiri di rantau orang. Saya masih bisa lancar berhubungan dengan orang-orang yang saya cintai.

Dan di umurmu yang 57 tahun ini pa, tidak lupa iim titipkan doa kepada Allah, agar Papa sehat selalu, diberi rejeki yang lancar, makin harmonis sama Ibu, semakin caring sama anak-anaknya, makin mencintai dan dicintaii sama anak-anak dan cucu-cucu papa. Bagaimanapun, bertambahnya usia, berarti makin berkurangnya waktu papa di dunia ini. Dan selama itu, iim berharap bisa menjadi anak yang membanggakan bagi papa, menjadi anak yang sholehah yang bisa menjadi penolong papa di akhirat kelak, bukan menjadi beban papa di Yaumul Akhir. karena salah satu hal yang dibawa ketika badan ini telah terpisah dengan Roh adalah Doa anak yang Sholeh. Dan DI antara anak-anak Papa, iim ingin menjadi salah satu anak yang Sholehah itu. Aamiin Ya Allah

Dan malam tanggal 1 April, anakmu yang kangen padamu, baru sempat meneleponmu karena sok sibuk dengan kegiatan kuliahnya. Saat itu iim bilang “Selamat ulang Tahun Papa” Saat itu pukul 10 malam. Dan iim mengganggu Papa yang lagi tidur. Tapi tidak ada nada kesal atau jengkel Papa, malah menanyakan kabar saya ” Baa Kaba? Lai sanang disitu, nak?” 

“Alhamdulillah iim lai sanang pa, eh selamat ulang tahun yo Pa, Lah bara umua papa kini tu?” (Bahkan saya sendiri tidak mengihitung umur papa, malah nanyain balik)

“Iyo, makasih yo nak. Alah gaek papa kini, alah 57  tahun. hehe” Papa menjawab dengan tawa renyahnya

“ih iyo,papa alah gaek, iim tambah gaek pulo. hehe.”

Itu sepenggal pembicaraan kami yang singkat karena saya tidak enak menganggu Papa yang masih ngantuk sepertinya. Hal yang membuat saya senang adalah betapa papa masih ngantuknya, atau capeknya, tapi setiap saya telpon suaranya selalu bersemangat, yang menunjukkan kepada saya: “Tenanglah di negeri orang, jangan bersedih, rajin-rajin lah belajar dan buat Papamu ini bangga nak”

I have no more words that can describe how i feel. I just thank to Allah that has given me a Superman. And he is My Papa 🙂

Salam

Maizana

 

Potret Kuliah Kerja Nyata (Ceritanya Rindu)

Camera 360
Waktunya pulang pake kereta Cibatu ke Bandung~ Naik kereta api..tutuututtt..
Lomba
Lomba mewarnai itu ricuh, tapi banyak cerita lucu didalamnya. ada yang nagis nyari bunda, ada yang rebutan pensil warna, ada yang cuek, ada yang gambarnya bagus dan ada yang capruk banget. Lol Semuanya hanya ada di lomba mewarnai PAUD
Lomba
Persiapan sebelum lomba~
Shalat Jamaah
Shalat berjamaah pertama di desa cipendeuy. and you know what, warga desa ini udah biasain one day one juz berjamaah sehabis sholat maghrib. Masya Allah..
Tari jaipong
Penampilan dari desa sebelah. Bagi saya yang pertama kali melihat tari jaipong langsung, tari jaipong itu menarik
ceriatanya paduan suara
dalam waktu yang singkat kalian menampilkan lagu “laskar pelangi” dan “pileuleuyan” dengan apiknya Last Farewell yang paling bikin saya nangis T.T
Kelas 4C
Ini kelas 4C. Karena kekurangan kelas kita belajar di kelas yang sempit. Semoga segera digantikan dengan kelas yang lebih baik. aamiin Murid2 kelas 4C tuh rame, sukanya bermain dulu baru belajar, jadi ibu gurunya harus punya materi permainan yang baru dan asik terus tiap hari biar murid-murid 4C nya semangat terus belajar. Ibu iim jadi kangen ngajar kalian nih :’)
Waduk Cirata
Alhamdulillah, tempat KKN iim dekat tempat wisata “Waduk Cirata” yang masya Allah indah nian di pandang
RPP
Ngajar kudu punya pegangan. That’s called RPP!!
Kelas
Murid perempuan yang centil “Kami kelas 2A SDN 1 Cipendeuy lhoo”
Tabligh Akbar
Shalawatan
Surat Kecil
Surat dari Siti fatimah yang unyu buat Kang Rifki. Antar terharu dan lucu baca ini. Anak kecil itu polos banget ya ^^
2014-01-22 09.13.17
Ngajar di PAUD~ ^^/
Potret Kuliah Kerja Nyata
Lomba Tumpeng di Kantor Desa Cipendeuy

Karena Cinta

“Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnya, akan tetapi Anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya” 

 

Kutipan tersebut saya baca di buku Insfiratia Flava nya Udayusuf. Ketika hati ini gundah akan amanah yang akan dijalani. Awal kuliah saya hanya ingin menjadi seorang mahasiswa yang ‘biasa’ saja. Tidak mau ada embel-embel aktivis atau organisatoris. Apalagi sok sibuk dengan kegiatan yang saat itu menurut saya tidak penting dan tidak ada sangkut pautnya dengan saya.

“Lebih baik begini saja. Saya bebas bermain dan belajar tanpa terikat dengan hal yang lain” pikir saya.

Saya pun tidak terlibat aktif di kegiatan jurusan. Tapi takdir pun berkata lain, saya pun mengikuti berbagai kegiatan organisasi termasuk di jurusan.

*Huft

Bahkan saya sempat berpikir bahwa itu adalah keputusan yang salah di kala saya jenuh dengan amanah ini. *Astaghfirullah

Dan dikala saya diamanahkan untuk memimpin, sesuai dengan kutipan diatas. ya, dengan cinta kita bisa memimpin dan dipimpin.

#afwan, postingan geje. Ingin sharing. Tapi sharingnya setengah2 😀

Bandung, 9 April 2014

 

 

Karena dirimu tidak punya pilihan

Karena dirimu tidak punya pilihan

Maka terima sajalah

Bukan karena dirimu tidak punya daya untuk melawan

Tapi karena dirimu di didik untuk percaya

Bukan berarti dirimu bodoh

Justru karena dirimulah yang menjadi pilihan, yang terpilih

maka terimalah.

Jangan lari dari kenyataan yang berarti dirimu adalah pecundang

Tunjukkan kepada dunia dirimu Bisa

 

_meniti jalan dakwah

Bandung

Last Story Kuliah Kerja Nyata

Bismillah…

sudah lama tidak menuliskan berbagai hal disini. terakhir postingan mengenai kuliah kerja nyata yang akan saya update tiap harinya di saat kuliah kerja nyata berlangsung. ternyata saya pun tidak bisa konsisten. Bahkan terbengkalai untuk mengisi blog ini selama 3 bulan terakhir 😦

Rabu, 5 Februari 2014

Hari ini saya hampir telat untuk sampai ke Stasiun Hall Bandung, sedikit saja saya kesiangan datang, macet makin menjadi-jadi. Dengan setengah berlari-lari menuju ke dalam stasiun setelah turun dari angkot Lembang-Stasiun Hall, saya langsung membeli karcis seharga Rp 3500 per orang bersama Devi, anak arsitektur yang sama-sama KKN di desa Cipendeuy tetapi beda kecamatan. Lega, karena kereta api yang ditunggu datang tidak lama setelah kami menunggu. Pukul 07.30 kereta api pun berlalu dari stasiun Hall Bandung menuju tujuan kami, Stasiun Rendeh. Stasiun terdekat menuju Desa Cipendeuy. Pukul 09.00 kami pun sampai di stasiun Rendeh, lalu di lanjut naik angkot kuning menuju desa Cipendeuy.

Hari yang cukup cerah dan panas saat itu.Suhu yang berbeda dengan bandung yang dingin, tapi tidak menyurutkan langkah kami untuk mengadakan acara perpisahan se-kecamatan Cipendeuy. Sampai di posko, ternyata hanya ada ana dan teh misra beserta teman dari desa tetangga yang sedang mengurusi administrasi dan plakat. Setelah beristirahat sebentar, lalu kami bersama-sama menuju kantor kecamatan yang tidak jauh dari posko KKN kami. Pagi ini acaranya adalah seminar kesehatan sampai zuhur. Alhamdulillah seminar ini berlangsung meriah dan seminarnya seru. Banyak warga yang datang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh pembicara. setelah dzuhur,acara di lanjut dengan penampilan masing-masing desa di kecamatan cipendeuy. dari desa Sukahaji menampilkan silat dan tari jaipong. bagi saya yang pertama kali melihat budaya sunda ditampilkan, ini adalah hal yang menarik. dimana saya dapat mengnal budaya sunda lebih dalam melalui program kuliah kerja nyata ini. diawali dari penampilan desa kami, desa cipendeuy. kami sudah melatih anak-anak di desa cipendeuy untuk melakukan choir, paduan suara. setelah 2 minggu persiapan yang lumayan melelahkan tapi menyenangkan.

Kami menyanyikan 2 buah lagu. Laskar pelangi dan Pileuleuyan. Lagu laskar pelangi mengenai mimpi agar adik-adik di desa cipendeuy tetatp optimis untuk menggapai mimpinya dan lagu pileuleuyan yang merupakan lagu perpisahan. Penampilan ini pun menjadi penampilan yang paling menyenangkan dan mengharukan. menyenangkan karena kita semua bernyanyi bersam sama dan terharu karena adik-adik berhasil melakukan paduan suara walau waktu yang diberikan sangat singkat dan hari ini adalah hari terakhir kuliah kerja nyata ini. T.T Acara pun ditutup dengan foto bersama dan tangisan haru, terutama dari adik-adik desa cipendeuy yang tidak mau berpisah dengan kami, para mahasiswa KKN. 

Terimakasih banyak buat kalian semua, siti, rini, fadila, anggi, azis, nawaz dan lainnya yang teteh sayangi.. *huwa.. jadi nangis 😥

Kalian mengajari teteh banyak hal mengenai ketulusan, kebahagiaan, kesabaran. Semoga di masa depan kita bisa bertemu dalam kondisi yang lebih baik.

 

Malamnya di posko, malam terakhir bagi kita. Malam ini ada saya, ana, teh misra, master edy, kg disman,kg gugum . Kami berenam sharing mengenai berbagai hal yang sudah kami lalui bersama dan terbuka mengenai ketidak enakan yang terjadi. Malam yang paling berkesan, karena kita semua saling terbuka. Selama kuliah kerja nyata ini saya belajar memahami orang lain, sabar, berpikir kreatif, menjaga diri lebih baik lagi, terbuka, dan kerjasama dalam tim. Terimakasih kepada teman KKN yang banyak mengajari saya arti kebersamaan 🙂