Gajah – Tulus

Setidaknya punya tujuh puluh tahun
Tak bisa melompat kumahir berenang
Bahagia melihat kawan yang berkenan
Berkumpul bersama sampai ajal

Besar dan berani berperang sendiri
Yang aku hindari hanya semut kecil
Otak ini cerdas kurakit berangka
Wajahmu tak akan pernah ku lupa

Waktu kecil dulu mereka menertawakan
Mereka panggilku gajah, ku marah
Kini baru ku tahu puji di dalam olokan
Mereka ingatku marah
Jabat tanganku panggil aku gajah

Kau temanku kau doakan aku
Punya otak cerdas aku harus tangguh
Bila jatuh gajah lain membantu
Tubuhmu disituasi rela jadi tamengku

Kecil kita tak tahu apa-apa
Wajar bila terlalu cepat marah
Kecil kita tak tahu apa-apa
Yang terburuk kelak bisa jadi yang terbaik
Yang terburuk kelak bisa jadi yang terbaik


Source: Metrolyrics

 

Pertama kali saya tahu lagu ini pas tahu judulnya “Gajah” kok aneh ya, Judul lagu Gajah? dengan penuh penasaran, saya denger lagu ini sepenuhnya. Ternyata liriknya menarik. Saya seperti flashback di masa-masa bangku sekolah. Saya memiliki teman yang bisa dibilang berbadan gempal dan besar. Tak jarang mereka di panggil “gajah”. Karena perbedaan fisik tersebut. Bagi saya itu sangat menjengkelkan walau tidak ditujukan kepada diri saya sendiri. Betapa sakit hatinya bagi yang disebut-sebut “gajah”?

Bahkan tanpa kita sadari, memberi label “gajah” ituu adalah bentuk pembunuhan karakter (calon guru ngomong pendidikan lagi :p)

Di lirik ini pun sudah dijelaskan mengenai bagaimana proses orang yang di sebut gajah itu ketika dewasa bisa bersikap positif, bahkan tidak menaruh dendam terhadap orang yang telah mengolok-olok nya di masa lalu.

Lirik yang unik dan lagu yang easy listening, banyak pelajaran yang dapat dipetik dari lagu ini. dan ternyata Lagunya Tulus banyak pesan tersirat di dalamnya. Keep forward deh buat Tulus 🙂

Leave a Reply

