Waktu Terbaik Untuk Menghafal

Termasuk hikmah dari Allah bahwasanya tingkatan semangat seseorang, motivasi, keinginan, dan konsentrasinya untuk mencari ilmu dan meraihnya berbeda-beda dan bervariasi antara satu waktu dengan waktu lainnya, sepanjang hari, minggu, dan bulan.

Itulah sebabnya di sebagian waktu seseorang merasakan kenikmatan jiwa yang menakjubkan, cepat paham dan kuat dalam menghafal, dibandingkan waktu2 yang lain. Waktu terbaik untuk menghafal menurut pengalaman para ulama antara lain:

1. Waktu sahur

“Waktu pikiran paling jernih adalah waktu sahur.” (Khalil bin Ahmad)

2. Awal pagi

“Ketika kekuatan semakin melemah, maka dibutuhkan refreshing. Ketika menulis, membaca, mengarang, tetap dibutuhkan, dan lebih penting lagi menghafal, maka waktunya harus dibagi dua, yaitu menghafal di awal pagi dan malam. Dan sisa waktunya dibagi untuk menulis, membaca, istirahat, dari hal2 yang mubah.” (Ibnul Jauzi)

3. Waktu malam

“Waktu yang paling baik untuk menghafal adalah waktu sahur, di tengah hari, kemudian di pagi hari. Menghafal di waktu malam lebih baik dari waktu siang. Dan waktu lapar lebih baik dari waktu kenyang.” (Al-Khatib Al-Baghdadi)

Hanya saja, yang dimaksud lapar di sini bukanlah keadaan yang sangat lapar karena ketikamenghafal pun butuh tenag, seperti yang disampaikan oleh Syekh Waliyullah Ad-Dahlawi, “Waktu untuk menghadap Allah adalah ketika seseorang terbebas dari gangguan alami (fisik), seperti ketika sangat lapar, sangat kenyang, sangat mengantuk, terlalu capek.. atau gangguan pikiran seperti telinga yang mendengar suara bising karena ribut, pandangan yang dipenuhi dengan gambar2 berwarna-warni dan bisikan2 lainnya.

= = =

Sumber: 102 Kiat Agar Semangat Belajar Agama Membara dari Blog Mba Niken

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s