Parenting Story

Kisah Inspirasi Parenting
Ada banyak teman maupun tetangga yang tanya : mbak kok bisa sih sabar banget sama anak? Gak pernah marah, gak pernah bentak, gak pernah mukul. Gimana caranya?

Pun begitu juga kata suami. Bersyukur punya istri kamu karena sabar sama anak2 #tsahhh..
Hmmm,,, gak pernah marah gak pernah bentak gak pernah mukul bukan berarti gak ada tantangan seperti yg ditemui kebanyakan orang tua. Sama aja lah dengan yang lain. Namanya juga anak2. Adaaaa aja yg dilakukan dan kadang bikin hati maupun kepala ikut cekot2.
Tapi kalau diinget2 ini yang coba saya lakukan manakala buah hati menguji kesabaran kita.
1. Mencoba terus mengingatkan diri sendiri klo anak itu titipan Allah. Jadi mau “senakal” apapun, jangan sampe dibentak, jangan sampe dipukul. Gmn kita mau bertanggung jawab sama yg punya nanti? Kata nakal sengaja dikasih tanda petik, karena saya sepakat, sebenarnya gak ada anak yang nakal. Sama seperti sebenarnya gak ada murid yang bodoh, yg ada hanya guru yg belum tepat mengajarnya.
2. Keinget banget saat ikut sesi trainingnya ust fauzil adhim, bahwa rasulullah memperbolehkan anak dipukul nanti pas umur 10thn. Itupun krn alasan sholat, tdk keras dan hrs memenuhi syarat bahwa penanaman ttg sholat sdh dianggap tuntas. Hikmahnya apa? Pertama : gak boleh mukul anak dibawah 10 thn. Apalagi klo mukul bkn krn alasan sholat. Entah krn piring pecah, entah karena beret mobil, apalagi cuma krn pipis di celana. Kedua : boleh mukul asal bekal ttg sholat sdh kita berikan. Bukankah rasulullah meminta agar anak diajarkan sholat sejak umur 7thn dan baru boleh dipukul (dg tdk keras) pada usia 10 thn? Anggap aja kita mengajak anak sholat 5 waktu selama 3 thn, artinya ada 5 x 3 tahun x 360 hari = 5400x reminder.
Jd please ya jangan nyerah dan mengaku capek kalau belum mengingatkan anak sholat sampai 5400 kali.
3. terus me-reminder diri klo anak dibentak atau dipukul, milyaran sinaps di otak bisa putus. Susah2 kita bangun itu sinaps dan pengen anak pinter, jgn sampe putus krn emosi sesaat kita. Jadi kalau anak susah mudeng, jangan2 memang krn banyak sinaps yg putus akibat bentakan atau pukulan kita. Ini warning buat kita.
4. Klo qt gbs kendalikan emosi, sgera ambil waktu untuk break. Segera menjauh dr anak stlh memastikan mereka aman. sgera duduk dg posisi kaki menggantung sambil tarik nafas dan istighfar.
Duduk dg posisi kaki menggantung bikin kortisol/hormon stres kembali ke tempatnya. Tarik nafas bikin sirkuit diotak berubah. Istighfar nglatih sistim limbik di bagian emosi dan bagian otak yg namanya god spot. Saya dapat cerita, dulu nenek saya itu sabaaaar banget meski punya anak 9 dg jarak berdekatan meski tanpa asisten. Kalau beliau marah, yg dilakukan adalah pergi ke rumah tetangga. Ngungsi sejenak agar tdk sampai membentak dan memukul putra putrinya. Masya allah, segitunya. Banyak hal yg kami bs bljr dr beliau
5. Buat kedepan biar gak gampang emosi, kita juga harus latihan. Yg namanya latihan tentu gbs sekali dua kali. Biar jd habbit. Biar jadi karakter. Latihannya gmn?
ambil kertas dan pulpen, bikin 3 kolom.

Kolom a = rangsangan

Ditulis, pas kondisi apa emosi kita gampang tersulut.

Misal anak gak nurut, anak gak beresin mainan, ngompol. Ditulis aja ke bawah. Smntr max 5 kejadian aja.
Kolom b = respon

Tulis respon kita. Pas anak gak nurut, respon kita apa. Ditulis jujur di baris yg sama dg yg di kolom a. Pas anak ngompol, respon qt gmn. Ditulis disampingnya.
Kolom c = respon seharusnya

Nah disini respon ideal bgmn. Bisa hasil baca buku, diskusi dg kawan, dsb.

Misal anak gak nurut harusnya qt spt apa. Saat anak ngompol mestinya qt bgmn. Tulis juga sebaris dg kolom a dan b.
Klo udah, bikin tanda silang gedhe pake spidol merah di kolom b. Ni kertas tempel di tmpt yg mudah qt liat. Baca pagi dan sore kolom a dan kolom c.

Klo anak ngompol, harusnya di kolom c bla bla. Dst.
Lakukan terus. Ulangi terus sampai 3 bulan kalau perlu. ini buat nglatih bagian otak yg namanya ganglia basalis. Apa itu ganglia basalis? Monggo bs baca tlsn saya di neuroparenting part 2.
6. Kenali jg sebab emosi kita mudah terpancing. Kebanyakan buat para ibu, bisa jadi krn kita terlalu lelah, terlalu capek. Yg lelah fisik, tp emosi jg bs ngatut. Maka bs dibicarakan dg pasangan untuk menemukan solusi terbaiknya. Entah berbagi tugas. Entah delegasi tugas. Atau pilihan lain. silahkan dikomunikasikan bersama pasangan. Intinya adalah kenali stimulannya dan minimalisir.
7. Yg point ini mirip status kmrn di kolam renang. Emak rempong biasanya identik sama aktifitas yg rutin dan monoton. Berulang terus seeeepanjang hari seeeeepanjang tahun. tanpa libur, tanpa cuti. klo di neuroparenting ini bikin pfe frontal cortex jd mandeg alias stagnan. Efeknya amigdala jadi dominan. Nah tingginya si amigdala ini biang yg bikin kita gampang esmosi. Maka solusinya adalah break sejenak, rehat sesaat. me time bisa jd solusinya. Dg cara apa? Terserah. Apa aja yg kita suka. Masing2 bs berbeda. Ada yg tidur, nonton, olah raga, baca novel dsb. Bahkan ada yg sekedar me time dg sepiring mie goreng pedes dan telor ceplok, rasanya udah “sesuatu”. Menikmati waktu seorang diri tanpa intrupsi para krucil. Intinya aktivitas ini unntuk mengembalikan keseimbangan pfc dan amigdala
8. Trkhr berdoa. Berharap agar qt diberi kesanggupan dg amanah yg tak ringan ini. klo perlu habis sholat malam bs ditambah sholat hajat 2 rokaat. Khusus berharap agar qt bs jd ortu yg lbh baik dr sebelumnya dan tdk mengasuh buah hati kecuali dengan bimbingan serta petunjukNya. Sekaligus memohon ampun untuk smua salah khilaf saat mengemban amanah ini 😭

Kenapa sholat hajat, saya mikirnya krn ini hajat yg gak ringan. Ini misi yang tdk sederhana. Maka butuh back up Allah dalam mengembannya.
Hmmm,, insya allah ingetnya itu aja yg saya lakukan pribadi. Bbrp terdengar klise ya? Tp sejauh ini manjur buat saya. Wallahu a’lam..
Bismillah, otw kota pudak.

Siap menimba ilmu parenting lebih dalam tentang emosi bersama dr amir zuhdi. Moga Allah catat ikhtiar ini sebagai ibadah.
#parenting

#kosongkangelasnya

#stayhungrystayfoolish

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s