Last Story Kuliah Kerja Nyata

Bismillah…

sudah lama tidak menuliskan berbagai hal disini. terakhir postingan mengenai kuliah kerja nyata yang akan saya update tiap harinya di saat kuliah kerja nyata berlangsung. ternyata saya pun tidak bisa konsisten. Bahkan terbengkalai untuk mengisi blog ini selama 3 bulan terakhir 😦

Rabu, 5 Februari 2014

Hari ini saya hampir telat untuk sampai ke Stasiun Hall Bandung, sedikit saja saya kesiangan datang, macet makin menjadi-jadi. Dengan setengah berlari-lari menuju ke dalam stasiun setelah turun dari angkot Lembang-Stasiun Hall, saya langsung membeli karcis seharga Rp 3500 per orang bersama Devi, anak arsitektur yang sama-sama KKN di desa Cipendeuy tetapi beda kecamatan. Lega, karena kereta api yang ditunggu datang tidak lama setelah kami menunggu. Pukul 07.30 kereta api pun berlalu dari stasiun Hall Bandung menuju tujuan kami, Stasiun Rendeh. Stasiun terdekat menuju Desa Cipendeuy. Pukul 09.00 kami pun sampai di stasiun Rendeh, lalu di lanjut naik angkot kuning menuju desa Cipendeuy.

Hari yang cukup cerah dan panas saat itu.Suhu yang berbeda dengan bandung yang dingin, tapi tidak menyurutkan langkah kami untuk mengadakan acara perpisahan se-kecamatan Cipendeuy. Sampai di posko, ternyata hanya ada ana dan teh misra beserta teman dari desa tetangga yang sedang mengurusi administrasi dan plakat. Setelah beristirahat sebentar, lalu kami bersama-sama menuju kantor kecamatan yang tidak jauh dari posko KKN kami. Pagi ini acaranya adalah seminar kesehatan sampai zuhur. Alhamdulillah seminar ini berlangsung meriah dan seminarnya seru. Banyak warga yang datang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh pembicara. setelah dzuhur,acara di lanjut dengan penampilan masing-masing desa di kecamatan cipendeuy. dari desa Sukahaji menampilkan silat dan tari jaipong. bagi saya yang pertama kali melihat budaya sunda ditampilkan, ini adalah hal yang menarik. dimana saya dapat mengnal budaya sunda lebih dalam melalui program kuliah kerja nyata ini. diawali dari penampilan desa kami, desa cipendeuy. kami sudah melatih anak-anak di desa cipendeuy untuk melakukan choir, paduan suara. setelah 2 minggu persiapan yang lumayan melelahkan tapi menyenangkan.

Kami menyanyikan 2 buah lagu. Laskar pelangi dan Pileuleuyan. Lagu laskar pelangi mengenai mimpi agar adik-adik di desa cipendeuy tetatp optimis untuk menggapai mimpinya dan lagu pileuleuyan yang merupakan lagu perpisahan. Penampilan ini pun menjadi penampilan yang paling menyenangkan dan mengharukan. menyenangkan karena kita semua bernyanyi bersam sama dan terharu karena adik-adik berhasil melakukan paduan suara walau waktu yang diberikan sangat singkat dan hari ini adalah hari terakhir kuliah kerja nyata ini. T.T Acara pun ditutup dengan foto bersama dan tangisan haru, terutama dari adik-adik desa cipendeuy yang tidak mau berpisah dengan kami, para mahasiswa KKN. 

Terimakasih banyak buat kalian semua, siti, rini, fadila, anggi, azis, nawaz dan lainnya yang teteh sayangi.. *huwa.. jadi nangis 😥

Kalian mengajari teteh banyak hal mengenai ketulusan, kebahagiaan, kesabaran. Semoga di masa depan kita bisa bertemu dalam kondisi yang lebih baik.

 

Malamnya di posko, malam terakhir bagi kita. Malam ini ada saya, ana, teh misra, master edy, kg disman,kg gugum . Kami berenam sharing mengenai berbagai hal yang sudah kami lalui bersama dan terbuka mengenai ketidak enakan yang terjadi. Malam yang paling berkesan, karena kita semua saling terbuka. Selama kuliah kerja nyata ini saya belajar memahami orang lain, sabar, berpikir kreatif, menjaga diri lebih baik lagi, terbuka, dan kerjasama dalam tim. Terimakasih kepada teman KKN yang banyak mengajari saya arti kebersamaan 🙂

Kuliah Kerja Nyata Day 26

Bandung, 27 Januari 2014

hari ini saya balik ke bandung. ada utang yang harus saya kembalikan. asli, kangen bandung pisan. bosan di cipendeuy soalnya. bandung itu bener2 ngangenin, kulinernya, wisatanya, agamisnya, kegiatan2 yang penuh manfaatnya, dan semuanya ada di gegerkalong. 🙂

tinggal beberapa hari lagi KKN. semangat!!!

ikrimmah

Kuliah Kerja Nyata Day 25

Cipendeuy, 26 Januari 2014

udara cipendeuy pagi ini dingin. mandi bikin gemetaran. jam 8 saya sama kang disman ke rumah pa jajat. ikut ngajar bahasa inggris. temanya kali ini adalah cooking class. we made french fries. I teached them the menu of french fries. Potato, Wok, Spatula, Oil, Fire, Knife, dll. awalnya saya rada salahh tingkah. hehe.. udah pernah ngajar sih. tapi itu udah lama banget jaman saya masih mahasiswa baru. sekarang udah mahasiswa tingkatt akhir. saya ngajar grade 2 and grade 4. temanya sama. abis itu nge tes reading and speaking mereka. anak-anak ini semangat banget belajar bahasa inggrisnya. semoga jago ya bahasa inggris nya 🙂

Kuliah Kerja Nyata Day 24

Cipendeuy, 25 Januari 2014

desa cipendeuy malam ini ngadain maulid Nabi. anak2 rumah belajar posko KKN ngajakin buat dateng. soalnya mereka ada yang jadi qasidah, dai cilik, dan shalawatan. abis maghrib mereka nyelonong aja masuk ke posko, saya yang masih pake mukena langsung ditodong mereka buat ngelepasin mukena dan berangkat.  anak-anak ini benar-benar monster ==” mukena saya jadi acak adut gitu.

akhirnya saya berangkat. disana udah rame dengan masyarakat ds. cipendeuy. saya duduk dekat geng nya siti, rini, kayla. si siti jadi dai cilik, kayla sama rini qasidahan. anggi shalawatan. ibu2 di luar, sedangkan bapak2nya di pisah di dalan madrasah. awalnya seru ngeliat anak2 ini perform. jadi inget masa kecil, deg degannya ngomong di depan orang banyak. lucunya maulidan disini ada saweran. lempar koin sama permen. rada asik ga asik sih. asiknya dapett duit walau cuman recehan. ga asiknya kalo recehan itu nimpuk wajah kita. yang saya alamin, pipi sama mata saya kena lemparan uang recehan. sedikit sakit. ditambah riuh dan rebutannya anak-anak. saya cuman mencoba nikmatin. kata si siti, duit yang didapet ga boeh di jajanin. harus disempen. kalo disimpen nantinya juga buat di belanjain juga kali. sampe sekarang saya masih ga ngerti alasan di balik lempar recehan itu.

setelah recehan itu, waktunya ceramah dan pake bahasa sunda. di tengah ceramah kita semua dibagiin kresekan yang isinya makanan dan snack. Alhamdulillah, perut lagi keroncongan dan dapet makanan, ditambah ceramah yang bikin ngantuk, saya putusin buat pulang dan makan.. 😀

 

ikrimmah

Kuliah Kerja Nyata Day 22

Cipendeuy, 23 Januari 2014

Akhirnya ada juga saatnya posko rame. setelah lama ditinggal membernya. ada yang ngilang lah denganseribu alasan, ada yang lagi tanding, ada yang lagi ujian, ada yang lagi kebanjiran di kampung halamannya. Dan kita kumpul walau cuman berdelapan. asik kalo rame, tapi saya jadi kurang akrab sama beberapa teman. kurang ada kehangatan malahan. jaim-jaiman lagi deh.

walaupun begitu, yang penting ga ada konflik 🙂

Kuliah Kerja Nyata Day 20

Cipendeuy, 21 Januari 2014

ga ada bedanya sama hari kemarin. saya chat sama temen yang udah KKN semester kemarin

“iim gimana KKN nya?”

“Alhamdulillah lancar. hehe. kenapa emang”

“Bagus deh, pulang pulang awas ya kalo gendutan”

kurang lebih gitu percakapan saya sama si temen. kita sebut saja mawar. KKN itu bagi saya penambahan berat badan dan gizi. tiap hari jajan terus. minum susu terus beli di indomaret. gimana ga tambah berat badan? saya sempat mengukur berat badan. alhamdulillah, barat badan mencapai berat ideal dengan bertambah 4 kg. wah wah.. terimakasih buat KKN 😀

soalnya di KKN ga mikirin tugas kuliah, amanah sana sini. ga stress pokoknya, bahagia terus 🙂

ikrimmmah

Kuliah Kerja Nyata Day 19

Cipendeuy, 20 Januari 2014

Hari ini kita sebut lazy time. Alasannya ga ada kerjaan selain makan, tidur dan nonton tivi. sorenya ngajar anak2 sekitar posko. mereka yang langsung dateng ke posko. ada rini, siti, anggi, kayla awalnya. makin lama akin banyak aja yang dateng. tingkah anak kecil itu lucu ya, tapi kadang bikin jengkel. kudu sabar nya diperbanyak 🙂

ikrimmah

Kuliah Kerja Nyata Day 18

Cipendeuy, 19 Januari 2014

Hari sibuk dimulai..

Lanjutan dari acara tabligh akbar dan lomba-lomba. Acara dibagi dua, di kantor desa dan di MTs. di Kandes lomba MTQ. Sedangkan di MTs final lomba MTQ. karena juri MTQ berhalangan, saya jadi disuruh buat jadi juri MTQ. alasannya karena saya pernah ikut lomba MTQ. padahal saya ga pernah menang lomba MTQ. Kenapa harus sayaaa??? T.T

Saya bersama salah satu bapak ustadz, lupa namanya. kita jadi juri. saya juri buat aspek lagam lagunya sama adab membaca alquran. si bapak nya tajwid sama makhraj. Walaupun dulu saya ga menang, sekarang saya yang nentuin siapa yang menang. #halah #gaya #tsahh 😀

lomba MTQ pun selesai, berbarengan dengan final lomba MTQ. setelah itu penilaian lomba MTQ. dan saya langsung menawarkan diri buat jadi juri. siapa juga sih yang gamau jadi juri lomba tumpeng? bikin kenyang dan bahagia. haha. setelah menilai, semua peserta dan semua orang yang datang makan tumpeng rame-rame. abis sholat, lanjut ceramah oleh pa ncep. saya yang cuman ngerti bahasa sunda sedikit, ga terlalu paham apa yang disampaikan pa ncep. beres pa ncep langsung pengumuman lomba. Alhamdulillah, cuaca cipendeuy yang kemarin hujan badai, hari ini cerah dan diselingi hujan gerimis. dan acara kita sukses

ikrimmah